Sabtu, 10 Desember 2011

Tips Mengasah daya Ingat

December 10, 2011

Setiap individu berbeda ada yang tetap dalam kondisi baik hingga usia tua dan ada sebaliknya ada yang sudah mengalami kepikunan dini pada usia yang belum terlalu senja. Untuk mencegah terjadinya kepikunan dini sebaiknya mengkonsumsi makan sehat dan juga melakukan kegiatan olah raga secara teratur serta menghindari stress berat. berikut tip-tip untuk dilakukan agar dapat membantu kepekaan otak agar slalu dalam kondisi prima.

1. Melakukan olah Napas

Tarik napas melalui hidung dan bawa udara kedalam paru-paru. Semakin banyak oksigen masuk kedalam aliran darh dan otak makan akan meningkatkan performa otak. Dan membua anda lebih rileks dan bisa berbikir jernih.

2. Meditasi

Lakukan peregangan otot-otot tubuh lalu biarkan anda merasa rileks. Cobalah ambil posisi duduk, tutup mata anda dan pusatkan perhatian pada pernapasan anda saja. Lakukan meditasi ringan selama 5-10 menit. Meditasi ini berguna untuk menyiapkan daya pikir anda melakukan tugas terbaiknya.

3. Menyanyi

Saat anda sedang menghadapi situasi yang membuat anda tegang, merasa tertekan seperti menghadapi pekerjaan, macet dijalan raya, anda dapat menyanyi, menyenandungkan lagu-lagu. Ini cara gambang melatih otak kanan sehingga anda lebih efektif dalam memecahkan masalah.

4. Menulis

Lakukan kegiatan menulis dengan tema yang anda sukai seperti menulis buku harian, jurnal, puisi, cerita pendek atau membuat blog. Cara ini dapat menjernihkan pikiran pikiran, melatih kreativitas dan kemampuan analistis, serta membantu mengalirkan darah beroksigen keotak yang bertanggung jawab pada daya ingat.

5. Tertawa

Hormon endorphin akan terlepas ketika anda tertawa, dan bisa menurunkan kadar stress dan akan menjaga kondisi kesehatan otak dan membuat anda cenderung terbuka terhadap ide-ide muktahir.

6. Bermain

Menyenangkan diri dengan permainan game, akan merangsang otak sehingga tercipta koneksi dan sel-sel baru pun bertumbuhan. Dianjurkan permainan intelektual yang melibatkan koordinasi mata dan tangan. Sebuah studi mengungkapkan bahwa permainan kartu, seperti solitaire dan sejenisnya bisa membantu menunda kepikunan.

7. Atur Suhu

Sebagian orang bisa berpikir produktif pada suhu tertentu. Terlalu dingin atau terlalu panas bisa mengganggu konsentrasi. Atur suhu atau temperature ruangan lebih kondusif buat anda.

8. Pelajari Bahasa

Mempelajari bahasa baru bisa menghambat penurunan fungsi otak. Ini akan memperkenalkan kepada otak tentang konsef baru dan cara pandang baru. Kalau anda mampu membaca cepat berarti lebih banyak informasi yang diserap dalam waktu lebih singkat. Ini termasuk olahraga otak yang sangat baik.

9. Teman Imajiner

Ngobrol dengan suatu karakter dalam pikiran anda dan mendapat saran darinya, dan bisa memancing informasi dari pikiran bawah sadar anda. Bayangkan anda berdiskusi dengan orang-orang yang memiliki banyak pengetahuan sesuai yang anda perlukan.

source :

http://id.shvoong.com/

0 komentar:

Posting Komentar